SepercikHikmah – Sahabat SepercikHikmah, Ulama dari Yaman Syaikh Ali bin Muhammad
asy-Syaukani menjelaskan tentang kebolehan tradisi umat Islam menghadiahkan
bacaan Al-Quran untuk mayit, baik di masjid maupun di rumah:
الْعَادَةُ الْجَارِيَةُ فِي بَعْضِ الْبُلْدَانِ مِنَ اْلاِجْتِمَاعِ فِي الْمَسْجِدِ لِتِلاَوَةِ الْقُرْآنِ عَلَى اْلأَمْوَاتِ وَكَذَلِكَ فِي الْبُيُوْتِ وَسَائِرِ اْلاِجْتِمَاعَاتِ الَّتِي لَمْ تَرِدْ فِي الشَّرِيْعَةِ لاَ شَكَّ إِنْ كَانَتْ خَالِيَةُ عَنْ مَعْصِيَةٍ سَالِمَةً مِنَ الْمُنْكَرَاتِ فَهِيَ جَائِزَةٌ ِلأَنَّ اْلاِجْتِمَاعَ لَيْسَ بِمُحَرَّمٍ بِنَفْسِهِ لاَ سِيَّمَا إِذَا كَانَ لِتَحْصِيْلِ طَاعَةٍ كَالتِّلاَوَةِ وَنَحْوِهَا وَلاَ يُقْدَحُ فِي َذَلِكَ كَوْنُ تِلْكَ التِّلاَوَةِ مَجْعُوْلَةً لِلْمَيِّتِ فَقَدْ وَرَدَ جِنْسُ التِّلاَوَةِ مِنَ الْجَمَاعَةِ الْمُجْتَمِعِيْنَ كَمَا فِي حَدِيْثِ اقْرَأُوْا يس عَلَى مَوْتَاكُمْ وَهُوَ حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ وَلاَ فَرْقَ بَيْنَ تِلاَوَةِ يس مِنَ الْجَمَاعَةِ الْحَاضِرِيْنَ عِنْدَ الْمَيِّتِ أَوْ عَلَى قَبْرِهِ وَبَيْنَ تِلاَوَةِ جَمِيْعِ الْقُرْآنِ أَوْ بَعْضِهِ لِمَيِّتٍ فِي مَسْجِدِهِ أَوْ بَيْتِهِ اهـ (الرسائل السلفية للشيخ علي بن محمد الشوكاني ص : 46)
“Tradisi yang berlaku di
sebagian negara dengan berkumpul di masjid untuk membaca al-Quran dan
dihadiahkan kepada orang-orang yang telah meninggal, begitu pula perkumpulan di
rumah-rumah, maupun perkumpulan lainnya yang tidak ada dalam syariah, tidak
diragukan lagi apabila perkumpulan tersebut tidak mengandung maksiat dan
kemungkaran, hukumnya adalah boleh. Sebab pada dasarnya perkumpulannya sendiri
tidak diharamkan, apalagi dilakukan untuk ibadah seperti membaca al-Quran dan
sebagainya. Dan tidaklah dilarang menjadikan bacaan al-Quran itu untuk orang
yang meninggal. Sebab membaca al-Quran secara berjamaah ada dasarnya seperti
dalam hadis: Bacalah Yasin pada orang-orang yang meninggal. Ini adalah hadis
sahih. Dan tidak ada bedanya antara membaca Yasin berjamaah di depan mayit atau
di kuburannya, membaca seluruh al-Quran atau sebagiannya, untuk mayit di masjid
atau di rumahnya” (Rasail al-Salafiyah, Syaikh Ali bin Muhammad as Syaukani,
46)
Dengan demikian, tradisi semacam ini sudah banyak dilakukan
oleh umat Islam di negeri Arab. Dan tidak benar kalau amaliah ini berasal dari
Hindu-Budha.
Berkenaan dengan tradisi kita di Jawa, Syaikh Muhammad Ali
bin Husain al-Maliki ditanya seputar tradisi sedekah makanan di Jawa, beliau
menjawab:
اِعْلَمْ اَنَّ الْجَاوِيِّيْنَ غَالِبًا اِذَا مَاتَ اَحَدُهُمْ جَاؤُوْا اِلَى اَهْلِهِ بِنَحْوِ اْلاَرُزِّ نَيِّئًا ثُمَّ طَبَّخُوْهُ بَعْدَ التَّمْلِيْكِ وَقَدَّمُوْهُ ِلاَهْلِهِ وَلِلْحَاضِرِيْنَ عَمَلاً بِخَبَرِ “اصْنَعُوْا ِلاَلِ جَعْفَرٍ طَعَامًا” وَطَمَعًا فِي ثَوَابِ مَا فِي السُّؤَالِ بَلْ وَرَجَاءَ ثَوَابِ اْلاِطْعَامِ لِلْمَيِّتِ عَلَى اَنَّ اْلعَلاَّمَةَ الشَّرْقَاوِيَ قَالَ فِي شَرْحِ تَجْرِيْدِ الْبُخَارِي مَا نَصُّهُ وَالصَّحِيْحُ اَنَّ سُؤَالَ الْقَبْرِ مَرَّةٌ وَاحِدَةٌ وَقِيْلَ يُفْتَنُ الْمُؤْمِنُ سَبْعًا وَالْكَافِرُ اَرْبَعِيْنَ صَبَاحًا وَمِنْ ثَمَّ كَانُوْا يَسْتَحِبُّوْنَ اَنْ يُطْعَمَ عَنِ الْمُؤْمِنِ سَبْعَةَ اَيَّامٍ مِنْ دَفْنِهِ اهــ بِحُرُوْفِهِ (بلوغ الامنية بفتاوى النوازل العصرية مع انارة الدجى شرح نظم تنوير الحجا)
“Ketahuilah, pada umumnya
orang-orang Jawa jika diantara mereka ada yang meninggal, maka mereka datang
pada keluarganya dengan membawa beras mentah, kemudian memasaknya setelah
proses serah terima, dan dihidangkan untuk keluarga dan para pelayat, untuk mengamalkan
hadis: ‘Buatkanlah makanan untuk keluarga Ja’far’ dan untuk mengharap pahala
sebagaimana dalam pertanyaan (pahala tahlil untuk mayit), bahkan pahala sedekah
untuk mayit. Hal ini berdasarkan pendapat Syaikh al-Syarqawi dalam syarah kitab
Tajrid al-Bukhari yang berbunyi: Pendapat yang sahih bahwa pertanyaan dalam
kubur hanya satu kali. Ada pendapat lain bahwa orang mukmin mendapat ujian di
kuburnya selama 7 hari dan orang kafir selama 40 hari tiap pagi. Oleh karenanya
para ulama terdahulu menganjurkan memberi makan untuk orang mukmin selama 7
hari setelah pemakaman” (Bulugh al-Amniyah dalam kitab Inarat al-Duja 215-219).
Demikianlah penjelasan Mengapa Harus Ada Tahlilan Hingga 7
Hari Sejak Orang Meninggal . Semoga tercerahkan dan menambah pengetahuan anda
Sumber : islamidia.com