Mengejutkan! Inilah Rahasia Mengapa Ayam Berkokok Di Pagi Hari

SepercikHikmah - Sahabat hikmah banyak di antara kita yang tidak tahu penyebab ayam berkokok di pagi hari, biasanya menjelang subuh atau bahkan sebelum matahari muncul di ufuk timur. Apakah ayam tersebut melakukannya karena iseng? Atau karena terpaksa? Atau adalah hal lainya? Mari kita simak mengapa ayam berkokok di pagi hari?

Ternyata alasan ayam jantan berkokok itu adalah rahasia Tuhan yang sungguh luar biasa!


Menurut sebuah penelitian di Amerika, ayam jantan berkokok karena dia memiliki jam alamiah yang mengharuskannya begitu. Alasan ayam jantan berkokok karena dia mempunyai jam internal yang membantunya mendahului terbitnya matahari. Sama seperti halnya burung, ayam jantan bernyanyi atau berkokok dalam siklus harian.

Sebenarnya hampir seluruh hewan di dunia memiliki siklus harian yang di sebut RITME SIRKADIAN. Ritme sirkadian adalah irama biologis pada hewan yang mengikuti siklus siang dan malam.

Ayam jantan berkokok saat pagi hari untuk mengawali mencari makanan sehari-hari dan juga sebagai sarana untuk mempertahanan wilayah. Namun bila tetangga kalian juga memiliki ayam jantan dan berkokok lebih dulu dari ayam yang berada di rumah kita itu dapat merangsang ayam jantan di rumah kita berkokok lebih awal juga.

Nyanyian ayam jantan di pagi hari juga salah satu cara untuk "membangun kekuasaan" teritorialnya sekaligus mengirim sinyal ke ayam jantan lainnya. Bila mereka mencoba masuk batas kekuasaan tersebut, siap-siap saja melihat sabung ayam alami. 


Luar biasa bukan? Sekarang semua ada di Anda, diam saja atau membagikan tulisan ini? Semoga bermanfaat ya
loading...
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==